Cara Melunasi Utang yang Menumpuk


Dari metode yang disebutkan di atas, bisa didapatkan gambaran tentang apa saja yang perlu dilakukan untuk melunasi utang yang menumpuk.

Adapun cara melunasi utang yang menumpuk bisa dilakukan dengan menerapkan beberapa hal berikut:


1. Mengurutkan Utang Sesuai Urgensi

Langkah pertama yang perlu dilakukan jika ingin melunasi utang tapi tidak punya uang adalah mengurutkan utang sesuai urgensi.

Masing-masing utang memiliki nominal dan periode jatuh tempo masing-masing. Untuk itulah, diperlukan pengurutan yang sesuai dengan kebutuhan paling mendesak terlebih dahulu.


2. Membayar Utang Berdasarkan Urutan yang Dibuat

Jika sudah mengurutkan utang sesuai dengan urgensi, langkah berikutnya adalah membayar utang berdasarkan urutan.

Tahapan ini lebih tepat digunakan dalam metode debt snowball. Adapun metode debt avalanche juga bisa menerapkan hal yang sama, namun dalam jumlah sedikit di berbagai sisi.

Terlepas dari metode yang digunakan, utang yang paling dekat jatuh temponya dan besar nominalnya perlu diprioritaskan terlebih dahulu.


3. Mencari Pendapatan Tambahan

Salah satu tips melunasi utang adalah mencari sumber pendapatan tambahan. Jika memiliki keahlian lain, maka side hustle bisa menjadi pilihan tepat untuk menambah pendapatan.

Adapun cara lain yang bisa dicoba adalah mengambil keuntungan investasi untuk membayar kebutuhan pinjaman atau utang. Setelah utang terbayar, investasi bisa dilanjutkan kembali.


4. Mengurangi Pengeluaran

Gaya hidup hemat bisa membantu melunasi utang serta membuat sahabat terhindar dari utang itu sendiri nantinya.

Sisa uang dari pengeluaran yang tidak seberapa seharusnya bisa dijadikan tabungan yang dapat membantu pelunasan utang secara rutin.


5. Membayar Utang Sebelum Jatuh Tempo

Agar tidak terkena bunga yang lebih tinggi, sebaiknya utang dibayar sebelum jatuh tempo. Inilah mengapa pembayaran utang perlu dilakukan berdasarkan urgensi.

Dana darurat untuk pembayaran utang ini bisa didapatkan dengan menjual atau menggadaikan barang berharga di lembaga pergadaian resmi.

Adanya dana cepat bisa membantu pelunasan utang sebelum jatuh tempo dan menghindarkan debitur dari bunga pinjaman yang lebih tinggi.

Itulah beberapa cara untuk melunasi utang yang menumpuk. Jadi, sahabat yang ingin melunasi utang tapi tidak punya uang tetap bisa mengelola keuangan sesuai kebutuhan.

Selama melunasi utang, sebaiknya biaya pengeluaran ditekan dulu. Apabila tidak ada kebutuhan mendesak, maka sebaiknya uang disimpan untuk melunasi utang.

Ada cara meminjam uang yang bijak, yaitu dengan cara gadai. Gadai adalah memanfaatkan aset yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan darurat. sahabat bisa menggadaikan emas, baik itu berupa perhiasan, batangan, maupun koin, ke Pegadaian.

Gadai Emas di Pegadaian dapat memberikan dana pinjaman mulai dari Rp50 ribu hingga di atas Rp20 juta, yang pasti sesuai dengan nilai agunan yang sahabat miliki, sehingga gadai membuat sahabat meminjam uang secara bijak

Proses pengajuannya mudah dan pembayarannya dapat dicicil dengan perpanjangan sewaktu-waktu.

Emas yang digadaikan pun akan disimpan dengan aman dan diasuransikan oleh pihak Pegadaian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Utama sebelum Melunasi Hutang

Doa Lunas Hutang

Ingin Melunasi Utang Tapi Tidak Punya Uang?