Prinsip Utama sebelum Melunasi Hutang

Beberapa prinsip utama yang harus Anda lakukan sebelum melunasi hutang, agar Anda semakin yakin untuk lepas dari jeratan hutang


1. Ada Niatan Untuk Membayar Hutang

Hal yang harus Anda tanamkan di diri Anda sebelum melunasi hutang, adalah niat dan keyakinan yang kuat untuk membayar hutang tersebut, jika Anda tidak mempunyai niatan yang kuat, Anda hanya akan mencari cara termudah untuk melunasi hutang-hutang Anda dengan jalan pintas, maka dari itu niat ini harus Anda kuatkan terlebih dahulu.


2. Sebelum menlunasi Hutang - Pegang Prinsip Jangan Ikuti Gaya Hidup Orang Lain

Kenapa dalam hidup kita tidak boleh mengikuti gaya hidup orang lain? Sederhana jawabanya, itu akan membuatmu terjerumus dalam kesesatan.        

Tidak lain dan tidak buka, banyak orang yang bersusah paya untuk melakukan berbagai gaya hidup untuk memenuhi hawa nafsu mereka.  

Pada zaman sekarang ini tidak heran lagi sudah banyak orang yang tergiur berhutang untuk memenuhi dunia yang semakin serba banyak gaya. 

Dalam hal ini biasakan untuk hidup sederhana, dengan menggunakan pakaian, makanan, atau cara hidup yang lebih sederhana saja. Yang pastinya sangat membantu hidupanmu lebih baik.


3. Hidup Sederhana dan Semampunya

Prinsip selanjutnya adalah hiduplah dengan sederhana dan semampunya, Sederhanalah Anda dalam menjalani kehidupan. Gaya hidup tidak akan dibawa mati, maka lebih baik menggunakan gaya hidup yang sederhana dan tidak banyak gaya jika memang memiliki pendapatan yang pas-pasan. 

Orang yang tidak bisa hidup dengan sederhana, diberi uang untuk bayar utang pun jika cara gaya hidupnya masih naik, besok dia hutang lagi. Jadi pastikan dulu, Anda harus hidup sederhana terlebih dahulu sebelum Anda akan membayar hutang-hutang Anda.


4. Jangan Gengsi

Banyak dari orang-orang gengsi untuk melakukan atau menggunakan barang-barang yang sederhana atau murahan. Sehingga banyak orang yang hidup bermewah-mewahan agar tidak gengsi dengan teman atau kerabatnya. 

Namun, heranya banyak orang yang gengsi didominasi oleh orang-orang kurang mampu dalam finansial. Lalu bagaimana mereka mendapatkan uang untuk memenuhi gengsinya itu?

Ya tentunya dengan berhutang, dengan berhutang menurut mereka akan mempermudah hidup. Padahal sebenarnya dengan utang malah akan menambah sengsara hidup ini. 


5. Jangan Dulu Sedekah atau Donasi

Mungkin Ada banyak orang yang meyakini jika Sedekah dapat mendatangkan banyaknya rizki, baik itu berupa kekayaan, saya pun percaya akan hal itu,

Tetapi pastikan melunasi hutang terlebih dahulu daripada mengutamakan sedekah. Kecuali utang yang masih jatuh tempo dan kalian masih memiliki gambaran untuk menyelesaikannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa Lunas Hutang

Ingin Melunasi Utang Tapi Tidak Punya Uang?