7 Cara Melunasi Hutang dengan Cepat yang Perlu Diketahui


Membayar hutang memang bukan hal yang mudah, terutama jika sudah menumpuk dan mendekati jatuh tempo. Agar tidak terbebani dengan masalah hutang, kamu perlu mempersiapkan diri dengan matang untuk melunasinya.

Berikut adalah beberapa cara melunasi hutang dengan cepat yang dapat dilakukan untuk membantumu terbebas dari masalah finansial tersebut:


1. Mencatat Semua Hutang yang Dimiliki

Buatlah daftar prioritas hutang yang dimiliki. Urutkan mulai dari hutang yang perlu dibayarkan dalam waktu dekat. Cara melunasi hutang dengan cepat ini bisa membantumu mengalokasikan dana sesuai dengan kebutuhan pelunasan. Sertakan juga informasi hutang dan rincian biayanya agar pengelolaan keuangan dapat dilakukan secara proporsional.


2. Membulatkan Tekad untuk Melunasi Hutang

Tidak hanya biaya untuk melunasi hutang yang dibutuhkan. Tekad kuat adalah cara agar cepat lunas hutang yang tidak boleh dilupakan. Meskipun merasa cemas dengan beban hutang yang dipikul, kamu perlu menguatkan diri. Kemauan yang tinggi untuk kelayakan hidup di masa depan dapat membantumu melewati masa sulit pelunasan hutang.

Persiapkan juga kondisi mental karena pelunasan hutang tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar.

Adapun biaya tersebut bisa dioptimalkan dengan mengambil dana yang seharusnya dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Pengorbanan dari sisi finansial ini diperlukan untuk membantumu melunasi hutang dengan cepat.

Maka dari itu, diperlukan tekad yang kuat dalam menghadapi perubahan pengeluaran untuk sementara waktu ini.


3. Membayar Hutang Berdasarkan Prioritas

Seperti yang sudah disebutkan di poin pertama, pembayaran hutang perlu dilakukan berdasarkan daftar yang sudah dibuat.

Adapun daftar tersebut dibuat dari skala prioritas. Di daftar tersebut, perlu dicantumkan informasi secara jelas, termasuk konsekuensi keterlambatan pembayaran dan cara melunasi hutang itu sendiri.

Buatlah skala prioritas berdasarkan hitungan tenor dan besar total hutang yang dibebankan. Kemudian, persiapkan dana yang dibutuhkan untuk setiap hutang yang masuk ke dalam daftar.

Apabila telah dilunasi, coret hutang yang ada di daftar. Dengan begitu, kamu selangkah lebih dekat menuju kebebasan finansial.


4. Menghitung Nilai Aset yang Dimiliki

Salah satu cara melunasi hutang dengan cepat yang perlu dilakukan adalah menghitung total nilai aset yang dimiliki.

Cara ini dapat membantumu membuat perkiraan seberapa besar biaya yang bisa diperoleh berdasarkan total nilai aset, termasuk pendapatan bulanan.

Adapun aset yang dimiliki bisa dijual untuk membantumu membayar hutang dengan cepat tanpa harus memutar otak guna berhutang kembali.


5. Menjual Barang yang Sedang Dicicil

Masih punya barang yang belum terlunasi? Daripada melunasi cicilan, barang bisa dijual dengan sistem take over kredit.

Cara melakukannya adalah dengan menjual barang kepada orang lain sekaligus melimpahkan sisa cicilan yang perlu dibayarkan.

Jadi, kamu akan mendapatkan suntikan dana baru sekaligus melunasi hutang secara efektif dalam satu langkah.


6. Membayar Angsuran Hutang Tepat Waktu

Cara melunasi hutang dengan cepat dan halal adalah dengan membayar angsuran tepat waktu. Jangan tunda pembayaran agar tidak mendapatkan bunga yang besar.

Semakin besar bunga, maka akan semakin besar hutang yang harus dibayarkan. Adapun nilai bunga akan semakin besar jika hutang tidak dilunasi setelah jatuh tempo.

Maka dari itu, agar tidak semakin kesulitan membayar hutang, pastikan untuk melunasinya sebelum jatuh tempo.

Persiapkan dana sesuai dengan kebutuhan dan waktu yang ditentukan agar proses pembayaran tidak terhambat dan menjadi beban di kemudian hari.


7. Memperoleh Pendapatan Tambahan

Di samping menjual barang dan mengumpulkan aset, kamu bisa menambah pendapatan untuk melunasi hutang dengan cepat.

Menambah pendapatan bisa dilakukan dengan investasi aset berharga yang memiliki risiko kerugian rendah.

Pendapatan tambahan bisa menjadi solusi melunasi hutang dengan cepat yang mengamankan keuangan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Demikian cara melunasi hutang dengan cepat yang bisa diterapkan untuk memastikan keamanan finansial.

Terlambat membayar hutang bisa menyulitkanmu di masa depan. Oleh karena itu, pastikan untuk membayar hutang sebelum jatuh tempo ya.

Agar tidak perlu berhutang untuk memenuhi kebutuhan darurat, kamu bisa berinvestasi emas dengan Tabungan Emas dari Pegadaian mulai sekarang.

Dengan layanan Tabungan Emas, kamu bisa membeli emas 24 karat mulai dari 0,01 gram. Biaya pengelolaan pun terjamin, hanya sebesar Rp30 ribu per tahun. 

Emas pun bisa dicetak menjadi emas batangan yang nantinya disimpan sebagai aset investasi. Untuk mendapatkan dana darurat, kamu juga bisa menggadaikan saldo tabungan emas kamu kapan saja dengan mudah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Utama sebelum Melunasi Hutang

Doa Lunas Hutang

Ingin Melunasi Utang Tapi Tidak Punya Uang?