Ingin Melunasi Utang Tapi Tidak Punya Uang?

Perlu diketahui bahwa utang dibagi menjadi dua, yaitu bijak  dan tidak bijak . Utang bijak  adalah yang digunakan untuk investasi, sedangkan yang tidak bijak  digunakan untuk hal-hal konsumtif.

Utang yang menjadi prioritas untuk dilunasi adalah yang tidak menghasilkan keuntungan, yaitu utang konsumtif . Beberapa contoh utang yang tidak bijak di sini adalah kredit dan paylater yang belum terbayar.

Jika ingin melunasi utang tapi tidak punya uang, maka prioritas utama adalah mengumpulkan uang untuk membayar utang terlebih dahulu.

Langkah tercepat adalah menjual barang-barang berharga agar bisa mendapatkan dana yang dibutuhkan untuk membayar utang.

Di sisi lain, gadai emas atau barang berharga lainnya juga bisa menjadi pilihan apabila tidak ingin menjual barang tersebut. Pinjaman dana bisa didapatkan dan utang konsumtif bisa dilunasi.

Jika memilih opsi gadai, maka sebaiknya ada pemasukan tambahan yang masuk ke kantong. Di samping pekerjaan utama, sahabat bisa menekuni side hustle berdasarkan skill yang dimiliki.

Sebagai contoh, sahabat bisa menjadi penulis konten lepas atau freelance content writer untuk mendapatkan pemasukan tambahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Utama sebelum Melunasi Hutang

Doa Lunas Hutang