Metode Melunasi Utang


Utang yang tidak lekas dilunasi dapat memunculkan masalah keuangan. Jika ingin melunasi utang tapi tidak punya uang, maka diperlukan metode yang tepat melakukannya.

Terdapat dua metode pembayaran utang yang menumpuk, yaitu, debt snowball dan debt avalanche.

Debt snowball adalah metode membayar utang berdasarkan nominalnya. Semakin besar nilai utang, maka semakin cepat utang tersebut harus dilunasi.

Adapun debt avalanche mengatur pembayaran utang berdasarkan nilai suku bunga per bulannya. Proses pelunasan dilakukan bersamaan dengan jumlah pembayaran minimum.


Bagi yang ingin melunasi utang tapi tidak punya uang, catat dulu penjabaran singkat seputar debt snowball dan debt avalanche berikut:

- Debt Snowball

Pembayaran utang dengan metode debt snowball cocok untuk debitur yang memiliki utang dengan bunga kecil dan pemasukan yang tidak tetap.

Jika masih dalam tahap awal melunasi utang dan memiliki keinginan kuat untuk melunasinya, maka metode ini cocok diterapkan.

- Debt Avalanche

Di sisi lain, debt avalanche bisa diterapkan untuk debitur yang bisa memiliki bunga bernilai tinggi dengan penghasilan tetap per bulan.

Metode debt avalanche cocok digunakan untuk debitur yang sudah yakin dapat melunasi utang dan disiplin dalam melakukan pembayaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip Utama sebelum Melunasi Hutang

Doa Lunas Hutang

Ingin Melunasi Utang Tapi Tidak Punya Uang?